REVITALISASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNSYIAH

DSCF1171

Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa, dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan. Dalam pengelolaan pendidikan tinggi terdapat 3 (tiga) unsur utama yaitu Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Peserta Didik. Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi. Tenaga Kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Peserta didik pada tingkat perguruan tinggi adalah mahasiswa. Peran tenaga kependidikan untuk menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis menjadikan perlunya tenaga kependidikan memiliki komitmen profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan kedudukan dan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Berkaitan dengan tenaga akademik yang mengelola layanan pendidikan dalam hal teknis administrasi ditangani oleh bagian administrasi bidang akademik.

Perguruan tinggi perlu secara terus menerus meningkatkan layanan prima kepada masyarakat baik warga perguruan tinggi maupun masyarakat di luar perguruan tinggi. Layanan Prima yang mengutamakan prinsip efisiensi dan produktivitas merupakan spesifikasi teknis tentang tolok ukur layanan minimum yang diberikan perguruan tinggi kepada masyarakat dengan mempertimbangkan kualitas layanan, pemerataan, kesetaraan layanan, biaya, serta kemudahan untuk mendapatkan layanan. Layanan administrasi akademik di Program Studi antara lain layanan surat menyurat yang berhubungan dengan perkuliahan dan tugas akhir, layanan seminar dan ujian tugas akhir, verifikasi database mahasiswa, pengendalian jadwal, pembagian kelas, kontrak perkuliahan, administrasi monitoring perkuliahan, administrasi nilai, penjadwalan dan pengadministrasian seminar dan ujian akhir, rekapitulasi data, pengadministrasian GBPP/RPKPS/SAP/silabus, mengumpulkan nilai semester, memfasilitasi pelaksanaan ujian tengah dan akhir semester, dan lainnya. Besarnya tanggung jawab dalam layanan administrasi akademik ini, tentu juga harus didukung oleh kompetensi sumberdaya manusia pelaksananya. Pelaksana layanan administrasi akademik adalah tenaga administrasi akademik yang ditugaskan pada bagian akademik di tingkat Program Studi/unit kerja yang setara.

 TUJUAN KEGIATAN

  1. Meningkatkan kinerja tenaga pendidik dalam meyiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam rangka memberikan layanan prima bagi masyarakat, baik masyarakat program studi maupun masyarakat lainnya yang membangun interaksi dengan program studi.
  2. Merumuskan capaian pembelajaran program studi (Program Learning Outcomes/PLO) dan capaian pembelajaran perkuliahan (Course Learning Outcomes/CLO).

 PENERIMA MANFAAT

Penerima manfaat dari kegiatan ini adalah tenaga pendidik pada Program Studi Pendidikan Biologi sebanyak 16 orang, serta mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah.

 STRATEGI PENCAPAIAN LUARAN

Pencapaian luaran untuk kegiatan ini adalah melalui kegiatan workshop penyusunan capaian pembelajaran program studi (Program Learning Outcomes/PLO) dan capaian pembelajaran perkuliahan (Course Learning Outcomes/CLO) sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kegiatan ini telah terlaksana dengan baik pada tanggal 10 s.d 12 Oktober 2014 di The Pade Hotel Aceh Besar dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang yang merupakan tenaga pendidik pada Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah. Pelatihan dimaksud selain diarahkan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Usnyiah Bapak Dr. Samingan, M.Si., juga mendapatkan share informasi dari Bapak Drs. Rusman, M.Si., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah yang sebelumnya telah mendapat pencerahan dari Universitas Negeri Jakarta.

654 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 2 =