Skip to main content
x

Unsyiah Press Selenggarakan Ujian Kompetensi Sertifikasi BNSP untuk Profesi Penulis dan Editor Buku

Unsyiah Press akan menjadi penyelenggara Ujian Sertifikasi Kompetensi BNSP untuk profesi penulis dan editor buku. Penyelenggaraan ini terkonfirmasi setelah adanya kesepakatan antara Unsyiah Press dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Penulis dan Editor Profesional Indonesia (PEP) pada tanggal 24 Agustus 2020.  PEP adalah sebuah LSP resmi yang ditunjuk oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk penyelenggaraan sertifikasi profesi berdasarkan KKNI untuk dua jabatan kerja, yaitu  editor dan penulis buku nonfiksi, yang masing masing berdasarkan SK Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemennaker RI KEP.373/LATTAS/XII/2017 dan KEP.287/LATTAS/2017.

Sebelum ujian di atas, peserta juga akan mengikuti pelatihan  yang diselenggarakan oleh Unsyiah Press bekerja sama dengan PT Inovasi Penulis Indonesia. Pelatihan ini diberikan berdasarkan SKKNI Kategori Informasi dan Komunikasi Golongan Pokok Aktivitas Penerbitan Bidang Penerbitan Buku atau Kepmennaker RI Nomor 124 Tahun 2018.

Kapala Unsyiah Press, Dr. Taufiq A Gani, M.Eng.Sc dalam rilisnya mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah pengembangan kapasitas sumber daya manusia internal dan memperkuat kerjasama dengan para mitra.

“Kami mengadakan acara ini sebagai upaya mengembangkan kapasitas sumber daya internal kami, dimana kami harus mengantisipasi pertumbuhan bisnis penerbitan buku ke depan yang membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dan sesuai standar yang diakui nasional atau internasional. Dengan demikian mutu buku yang kami terbitkan sesuai dengan standar yang ada. Motivasi lainnya juga adalah kami ingin berkolaborasi dengan para mitra untuk kemajuan bersama, yaitu dunia literasi dan perbukuan nasional”.

Ia menambahkan pelatihan dan ujian sertifikasi di atas diselenggarakan dengan cara efektif dan efisien, memanfaatkan teknologi online sehingga biaya yang harus dikeluarkan oleh peserta menjadi jauh lebih rendah daripada secara fisik, banyak biaya yang dapat dihilangkan. Unsyiah Press sudah menyiapkan website untuk informasi detail dan pendaftaran online di

https://unsyiahpress.unsyiah.ac.id/pelatihansertifikasi/, informasi lainnya dapat ditanyakan lewat whatsapp group http://bit.ly/bnspsertifikasi , atau hubungi Taufiq A Gani 082160543236.