Skip to main content
x

Webinar #2 Pendidikan Biologi membahas Praktikum di masa Pandemi COVID-19

Dalam rangka untuk menyelenggarakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi, maka kegiatan webinar yang dilakukan merupakan salah satu cara untuk mencapai kesuksesan dalam pencapaian tridarma di Perguruan Tinggi dimasa pandemic Covid-19. Sebagai bagian dari unit perguruan tinggi menuju ke Research University, maka setiap unit organisasi di Universitas Syiah Kuala harus mampu menumbuh kembangkan academic atmosphere di masing-masing unit organisasi. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala sebagai bagian unit pelaksana Tri Darma Perguruan Tinggi harus mampu meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari agar mampu meningkatkan kapasitas ilmu dan pengalaman.

Salah satu tri darma perguruan tinggi yaitu pendidikan, pendidikan dilakukan secara daring dimasa pandemic Covid-19, pembelajaran dilakukan secara daring dalam penyampaian materi dan juga tuntutan daring untuk kegiatan praktikum, hal ini diharapkan mampu memutus mata rantai penyebaran virus corona dan tidak mengabaikan tujuan dari pembelajaran. Hal ini memperjelas bahwa kegiatan webinar ini merupakan bagian untuk mencapai keterlaksanaan dalam penerapan ilmu pengetahuan dimasa pandemi.

Upaya untuk mendukung kegiatan ini, FKIP Universitas Syiah Kuala telah merancang program kegiatan webinar. Program kegiatan webinar ini diharapkan mampu meningkatkan pengembangan kompetensi dalam melakukan pembelajaran secara online.

Kegiatan webinar diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah pada hari sabtu 29 Agustus 2020 secara daring lewat applikasi zoom. webinar dihadiri oleh peserta yang merupakan seluruh tenaga pengajar diseluruh Indonesia dan mahasiswa pendidikan biologi universitas syiah kuala. Kegiatan ini diisi oleh dosen dari FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia yaitu Dr. Wahyu Surakususmah, S.Si., M.T.

Acara yang berlangsung selama 1 hari ini mendapat apresiasi yang baik dari seluruh peserta webinar Dr. Wahyu Surakususmah, S.Si., M.T, M.Pd mengungkapkan bahwa di zaman yang serba canggih tekhnologi sebagai suatu universitas ternama, sebuah perguruan tinggi hendaknya mempersiapkan alternatif dalam menghadapi perkembangan zaman terutama dimasa paandemi yang menuntut untuk pembelajaran secara daring, salah satunya dengan cara memasukkan kreativitas dan inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran baik dalam teori maupun praktikum di setiap mata kuliah atau mata pelajaran yang ada kegiatan praktikum. Sebagai seorang pendidik di era 4.0 harus memanfaatkan kecanggihan tekhnologi untuk menunjang bakat dan kreatifitas yang mereka miliki. Pendidik juga harus mampu menggunakan tekhnologi untuk pengimplementasian ilmu yang mereka peroleh dengan cara yang lebih mudah dengan berbagai inovasi.

Selain itu pemateri menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan praktikum dimasa pandemi harus memanfaatkan tekhnologi yang serba canggih. webinar ini juga memberikan informasi kepada peserta webinar agar bisa berinovatif dengan memiliki bakat dalam perkembangan teknologi. (yim/pbio)